Pengertian/definisi Manajemen
Batasan manajemen, di bawah ini diutarakan beberapa ahli dari
Indonesia, antara lain :
1. Prof. Dr. Mr. S Prajudi
Atmosudirdjo. Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkcan
orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai denagan kebutuhan.
2. Dr. Sondang P Siagian, MPA. Manajemen
adalah kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka
pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
3. Drs. Karnadi Wargasasmita. Manajemen
adalah mengatur, mengurus, memimpin; mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah
tujuan usaha
4. Drs. The Liang Gie. Manajemen
adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerjasama
manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
Definisi manajemen yang dikemukakan oleh beberapa ahli dari Barat,
antara lain:
1. Webster’s Dictionary. Manajemen
adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan admisistrasi
(Management is the act of managing, skill in directing administration)
2. Harold Koontz dart O’Donnell. Manajemen
adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari pada orang lain.
(Management is getting thing done through the effort of other people)
3. John D Millet. Manajemen
adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap
orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu
tujuan. (Management is the process of dircting and fasilitating the work of
people organized in formal groups to achieve a desired goal).
4. George R Terry. Manajemen
adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan
kegiatan orang lain. (Management is the accomplishing of a predetermined
objective through the effort of other people )
5. Frederick W Taylor.
Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu :
a. pengembangan metode
kerja terbaik
b. pemilihan serta
pengembangan pekerja-pekerja
c. usaha menghubungkan
metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih
d. adanya kerjasama
antara manajer dan non manajer, kerjasama mana melalui pembagian kerja, dan
tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
6. Henry Fayol.
Ia menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang
terdiri dari fungsi-fungsi.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa ‘Manajemen
adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan,
pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.'
Fungsi Manajemen
Pengertian fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan di dalam
manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan
tertentu dalam pelaksanaannya.
Macam-macam
fungsi manajemen umumnya terdiri atas :
1.
Perencanaan (planning)
Perencanaan
merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan perusahaan. perencanaan adalah
penentuan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan. Hal-hal yang harus
direncanakan misalnya : menetapkan tujuan dan target badan usaha, merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut, menentukan sumber-sumber
daya yang diperlukan, serta menetapkan strandar keberhasilan.
2.
Pengorganisasian (Organizing)
Untuk
mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, langkah
selanjutnya adalah membuat pembagian kerja sehingga menjadi sebuah struktur
organisasi. Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan, dan
pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai.
3.
Penggerakan (actuating)
Adalah
tindakan yang mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau bekerja
dengan senang hati untuk melakukan tugas pekerjaannya, sesuai dengan tugas dan
wewenang, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Hal yang
diperlukan untuk melaksanakan fungsi penggerakan adalah kepemimpinan. Seorang
pemimpin harus mampu memotivasi dan membimbing karyawannya.
4.
Pengendalian atau Pengawasan (Controlling)
Controlling
adalah tindakan menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan, dengan cara
menemukan dan mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah
dicapai, dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan. Pengawasan
dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan, mengoreksi, dan memberikan solusi.
Unsur-unsur Manajemen
Unsur manajemen (tools of
manajemen) tersebut terdapat 6 unsur, yaitu
1. Man (Tenaga Kerja Manusia)
2. Money (Uang yang diperlukan untuk mencapai
tujuan)
3. Mathodes (Cara kerja atau sistem kerja yang
digunakan untuk mencapai tujuan)
4. Materials (Bahan-bahan yang diperlukan)
5. Machines (Mesin-mesin yang diperlukan untuk
mencapai tujuan)
6. Market (Pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan
hasil produksi)
Prinsip Manajemen
Prinsip Manajemen adalah suatu
dalil umum yang dapat disimpulkan dari proses menggerakkan orang-orang dan
menggerakkan fasilitas-fasilitas, yang berlaku sebagai dasar petunjuk bagi
seseorang dalam melakukan perbuatan-perbuatan atau menjalankan tindakannya
untuk mencapai tujuan yang dikehendaki
Satu-satunya yang membahas mengenai prinsip-prinsip manajemen adalah
Henry Fayol terdapat 14 prinsip, diantaranya :
Pembagian Kerja (Disition of Labour), Kekuasaan (wewenang) dan tanggung
jawab (Authority and Responsibility), Disiplin (Dicipline), Kesatuan perintah (unity of command),
Kesatuan Arah (Unity of Direction), Kepentingan individu harus berada di bawah
kepentingan umum ( Subordinate of individual interest to general interest),
Pembayaran upah yang adil (remuneration of personal), Pemusatan
(Sentralisation), Rantai Skala atau Scalar Chain (line of authority), Tata
tertib (order), Keadilan (equity), Stabilitas pegawai (Stability 0f tenure of
personal), Inisiatif (initiative), dan Jiwa kesatuan (Esprits de corps).
Bidang-bidang Manajemen
Bidang-bidang dalam manajemen sebagai berikut:
a. Manajemen Produksi adalah pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial
seperti planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), actuaiting
(Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan), terhadap sistem-sistem produksi
dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
b. Manajemen Pemasaran (Marketing
Management) adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan
dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat, agar dapat
memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan ataupun industri.
c. Manajemen Personalia atau
Manajomen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah seni dan ilmu dalam perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam hal pengadaan, pengembangan,
pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan terhadap sumber daya
manusia secara terpadu untuk mencapai tujuan organisasi.
d. Manajemen
Keuangan adalah aktivitas dari pada fungsi manajemen untuk menyediakan segala
kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan
organisasi.
e. Manajemen
Administrasi/Akuntansi adalah cara mengajukan informasi mengenai
administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen
dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional sehari-hari dari
pada suatu usaha.
0 komentar:
Posting Komentar